skincare etiket biru

Belakang ini istilah etiket biru menjadi perbincangan hangat di media sosial, khususnya X. Pasalnya, sebuah klinik kecantikan dikabarkan mendapatkan sanksi dari BPOM karena menjual skincare etiket biru tanpa resep dokter.

Namun, masih banyak yang belum memahami pengertian etiket biru. Apakah itu? Mengapa menimbulkan kasus? Simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Arti Skincare Etiket Biru

Etiket biru adalah label pada skincare atau obat luar yang menandakan bahwa produk tersebut merupakan racikan dokter yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pasien. Umumnya, produk dengan etiket biru mengandung kandungan steroid.

Orang yang menggunakan skincare dengan etiket biru haruslah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, khasiat dari obat etiket biru tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. 

Apabila digunakan secara bebas, bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Dikutip dari Tempo, penggunaan etiket biru yang sembarangan bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti jerawat steroid. Jerawat tersebut biasanya berwarna merah dan berkumpul di bagian pipi, bibir, hidung, dan dagu.

Skincare Etiket Biru Apakah Aman?

Skincare etiket biru tidak aman apabila kamu menggunakannya tanpa resep dokter. Agar aman menggunakan skincare etiket biru, kamu bisa datang ke klinik untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu, agar dokter bisa menyiapkan resep krim yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Ciri-ciri Skincare Etiket Biru

Setelah mengetahui pengertian skincare etiket biru, kita harus lebih berhati-hati dalam memilih produk skincare di pasaran. Berikut adalah beberapa ciri skincare etiket biru:

  • Hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.
  • Jika ada klinik yang menawarkan produk tanpa resep dokter, harap jangan dibeli
  • Penggunaan skincare etiket biru secara sembarangan bukan membuat wajah kita sehat, tetapi malah membuat masalah baru
  • Skincare etiket biru tidak akan terdaftar BPOM karena merupakan racikan khusu dan tidak boleh dijual sembarangan.
  • Biasanya skincare etiket biru memiliki label biru dan dikemas dalam 

Apa Perbedaan Etiket Putih dan Biru?

Etiket putih dan etiket biru adalah istilah yang digunakan untuk menyebut label obat racikan farmasi. Apabila etiket biru adalah label yang digunakan pada obat luar (salep, gel, krim, bedak), etiket putih digunakan untuk obat dalam, seperti tablet, kapsul, puyer.

Demikian penjelasan mengenai etiket biru pada skincare. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

By nisrina

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *